Pantai Tiga Warna Malang

19.25 Unknown 0 Comments




Wow! Ada Pantai 3 Warna Yang Tersembunyi Di Malang Selatan


Pantai 3 Warna ini bersebelahan dengan Pantai Sendang Biru, yaitu berada di bawah pengelolaan Bhakti Alam yang para anggotanya merupakan masyarakat sekitar. Pantai tiga warna ini berada di wilayah konservasi tapi dijadikan tempat rekreasi dan wisata. Tentunya hal ini bukan semata-mata untuk mencari keuntungan atau memanfaatkan keindahan wisata pantai di Malang selatan ini.
Pihak manajemen ingin memperkenalkan keindahan alam Indonesia dan sekaligus mengedukasi para wisatawan bahwasanya menjaga kelestarian alam itu hukumnya wajib. Itu terbukti dengan ada beberapa peraturan yang diterapkan apabila ingin berkunjung ke wisata pantai tiga warna Malang. Pantai ini masuk di area Rehabilitasi dan Konservasi Mangrove, Terumbu Karang serta Hutan Lindung Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang.
Keunikan dari pantai ini adalah memiliki warna air laut yang berbeda-beda disebabkan oleh kedalaman air laut. Selain tempat ini bebas dari sampah, para wisatawan juga bisa melakukan snorkeling untuk menikmati panorama bawah laut berupa terumbu karang yang masih alami. Pihak pengelola menyewakan peralatan snorkeling lengkap dengan harga Rp.15.000,-. Peralatan tersebut berupa kacamata renang, rompi pelampung dan selang untuk menghidup udara.
Menurut warga sekitar, saat sore hari sekitar pukul 17:00 WIB jika ada segerombol burung bangau terbang rendah melintasi lautan itu tandanya ada sekelompok ikan lumba-lumba yang berenang di sekitar pantai dan katanya ikan-ikan tersebut berasal dari Pulau Sempu. Memang keberadaan Pantai 3 Warna cukup dekat dengan lokasi Pulau Sempu.

Jarak dari pusat kota Malang ke lokasi pantai ini kurang lebih 150 km. Cukup mengikuti penunjuk arah menuju Kecamatan Bululawang – Kecamatan Turen – Kecamatan Sumber Manjing Wetan – Pantai Sendang Biru. Setelah sampai di pertigaan menuju Pantai Sendang Biru, ada penunjuk arah yang menunjukkan Clungup Mangrove Conservation. Itu penunjuk ke Pantai Clungup, Pantai Gatra dan Pantai 3 Warna.
Jika menggunakan sepeda motor bisa masuk hingga pintu utama pantai clungup untuk kendaraan roda empat harus parkir di depan gang dan berjalan kaki sekitar 1 km hingga ke pos tiket (pusat informasi).
Dari pos tiket masuk melanjutkan perjalanan melewati jalan tanah sempit 2 km, naik turun dan pastinya licin saat musim hujan. Saat mata dimanjakan oleh pemandangan hutan mangrove, berarti sudah sampai di Pantai Clungup. Kita bisa sejenak menikmati ombak yang tenang dan pemandangan yang asri di pantai ini.
Dari Pantai Clungup kemudian menuju Pantai Gatra ke arah kiri dengan melewati tegalan kurang lebih 3 km. Pantai Gatra terdiri dari gugusan pulau karang kehijauan dan pasir putih yang indah kemilau. Sungguh indah.
Setelah itu perjalanan dilanjutkan menuju bukit di sebelah kiri Pantai Gatra, kita akan bertemu dengan Pantai 3 Warna. Perpaduan warna air laut yang biru, hijau putihnya pasir pantai menjadi alasan atas penamaan dari pantai ini.

Harga Tiket Masuk Ke Pantai 3 Warna

Sebenarnya tidak ada yang namanya tiket masuk. Tetapi wisatawan diharuskan untuk membayar donasi sebesar Rp.6.000,- per orang. Dan setiap rombongan wisatawan diwajibkan menggunakan jasa Tour Guide yang akan memandu perjalanan wisata mereka.

Sumber : http://www.naturalsunrisetour.com/wow-ada-pantai-3-warna-yang-tersembunyi-di-malang-selatan

You Might Also Like

0 komentar: