Kampung Vietnam, Batam

01.36 Unknown 0 Comments

Taraaa Moza kali ini bakal kasih info yang beda  dengan postingan sebelumnya karena Moza bakal mosting yang belum banyak wisatawan mengunjunginya , hmmm pasti pada penasaran nih....
okeee... ini dia tempat wisata yang ada di Batam yang cukup unik dan bikin terkejut kerena ada negara Vietnam tercipta di Indonesia sebut saja " Kampung Vietnam"

penasaran.... nih Moza kasih liat sedikit gambar tentang Kampung Vietnam.


Selain Jembatan Barelang, obyek wisata menarik di Batam yang wajib anda kunjungi adalah Kampung Vietnam. Kampung ini terletak di Pulau Balang. Sedikit kisah sejarah dari Kampung Vietnam di Pulau Balang ini, dulunya kampung ini memiliki kisah yang tragis. Pada tahun 1979, kampung ini dijadikan tempat pengungsian oleh ratusan ribu warga Vietnam akibat perang saudara di negaranya. Warga Vietnam yang sedang dilanda perang tersebut akhirnya harus rela mengarungi lautan yang luas demi menyelamtkan diri dari perang saudara tersebut. Hingga akhirnya mereka terdampar di suatu pulau di wilayah Indonesia, yaitu Pulau Galang ini.
Berdasarkan persetujuan dari pemerintah Indonesia, akhirnya ratusan ribu pengungsi tersebut diijinkan mentep di kawasan Pulau Balang. Mereka diberikan sarana dan prasarana guna menunjang kehidupan mereka. Mereka hidup dan tumbuh di sebuah kampung yang saat ini diberi nama Kampung Vietnam. Hingga pada tahun 1996, sedikit demi sedikit warga Vietnam tersebut dipulangkan ke negara asalnya. Dengan dipulangkannya seluruh warga Vietnam ini meninggalkan lahan kosong di kampung ini. Sehingga jangan heran jika anda berkunjung ke Batam atau ke Pulau Balang ini anda akan menemui sebuah kampung tak berpenghuni. Ya, jika anda berkunjung ke Kampung Vietnam anda akan tidak akan menemui satu orang Vietnam, hanya kampung kosong



Ada satu lagi tempat yang bisa anda kunjungi di Kampung Vietnam ini, yaitu Monumen Perahu. Monumen ini berupa 3 buah perahu yang digunakan pengungsi Vietnam yang terdampar di Pulau Galang. Ketiga perahu tersebut oleh pemerintah berhasil ditarik ke daratan untuk diperbaiki dan dijadikan sebuah monumen untuk mengenang perjuangan dan penderitaan para pengungsi Vietnam selama mereka mengungsi.
So, Kampung Vietnam ini memang pantas untuk dijadikan destinasi wisata anda selanjutnya. Jika anda tertarik untuk mengunjungi obyek wisata Kampung Vietnam, anda bisa menempuhnya dengan melewati Jembatan Barelang yang memang terhubung ke Pulau Balang. Pulau Balang ini letaknya di ujung Jembatan Barelang. Kampung Vietnam jaraknya kurang lebih 50 km dari pusat Kota Batam. Anda juga bisa menempuhnya menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkutan Metro Trans jurusan Jodoh – Galang.


You Might Also Like

0 komentar: